Wednesday, February 19, 2014

Habitat Burung Cendet dan Pembiakannya

Burung Cendet adalah burung predator yang gemar memangsa burung kecil maupun binatang kecil lainnya, sehingga habitat burung ini adalah di sekitar tepiah hutan, atau pada rumput dengan sedikit hutan perdu, selain itu habitat burung cendet ada yang hidup disekitar sawah bahkan di tampak ikan. Dari sini tampak bila habitat burung cendet sangatlah luas dan menyebar hampir di seluruh pulau-pulau di Indonesia seperti Lombok, Timor-Timur, Bali, Jawa, Sumatera, NTT bahkan sangat mungkin juga di Kalimantan.

Dengan  habitat yang berada di hutan perdu maka sarang tempat penangkaran atau pembiakan burung cendet biasanya di taruh di cabang pohon atau ujung bambu dengan sangkar model cekung atau mangkok, sehingga musim pembiakan burung cendet terjadi di musim kemarau, sebab sarangnya terbuka sehingga bila berterlur di musim kemarau bisa terhindar dari terkena air hujan.

Jumlah telur burung cendet antara 2-4 butir, namun yang paling sering adalah berjumlah 2 atau 3 butir yang bisa menetas. 

Saat ini usaha penangkaran burung cendet sangat jarang atau belum ada karena untuk menjodohkan burung cendet bukan perkara mudah karena burung ini adalah burung predator yang suka menunjukkan daerah kekuasaan sehingga akan lebih sering bertengkar bila melihat burung sejenis. 

Usaha pembiakan dapat dicoba dengan memasukkan sepasang burung cendet dengan usia diatas 1 tahun, lebih baik berusia 2 tahun ke dalam sangkar yang cukup besar, misalnya 1x2x3 meter. Dengan tinggi sekitar 3 meter anda juga bisa menaruh pohon perdu di dalam sangkar penangkaran, selain itu sangkar juga berada ditermpat terbuka cukup mendapatkan cahaya matahari.

Usaha penangkaran burung cendet, tampaknya dapat dicoba seperti usaha penangkaran burung kacer atau cucak ijo.

No comments:

Post a Comment