Monday, November 17, 2014

Meracik Voer Untuk Burung Cendet Biar Rajin Berkicau

Banyak Cendet Mania yang merasa kurang puas dengan nutrisi yang terkandung dalam Voer kemasan produksi pabrikan, hal ini bisa dilihat dari banyaknya keluhan mereka yang menanyakan voer yang cocok untuk burung cendet apa? Sehingga ada beberapa kicau mania yang melakukan percobaan untuk menambahkan bahan tertentu yang kaya akan protein dan mineral lainnya untuk memperbaiki kualitas dari voer tersebut, dengan harapan burung akan rajin berkicau. Tentunya bahan yang ditambahkan itu berupa bahan yang alami, bukan bahan kimia, karena proses ini dibuat tanpa melakukan penelitian laboratorium.

Voer Racikan Yang dijemur
Kali ini saya ingin membagikan tips yang disampaikan oleh rekan-rekan kita di CMN tentang membuat racikan voer untuk burung cendet dari bahan yang mudah kita dapatkan dan harganya terjangkau. Bahan baku berupa voer sebenarnya bisa menggunaka voer jenis apa pun, namun kali ini kita menggunakan bahan yang murah meriah saja, yaitu Voer Lele.

Sediakan bahan-bahan yang akan digunakan :
  • Voer lele 1/2 kg
  • Telur bebek ambil kuningnya aja 4 butir
  • Madu murdi 4 sendok makan
Cara Meracik
Siapkan wadah berupa cangkir besar atau baskom, kemudian masukkan kuning telor bebek beserta madu, kemudian dua komponen ini di aduk denga mixer sampai rata. Selanjutnya masukkan voer yang telah kita siapkan tadi secara perlahan, campur ketiga komponen tersebut sampai rata. Setelah benar-benar rata dan meresap, selanjutnya voer racikan tadi di jemur sampai kering.

Selama proses penjemuran perhatikan benar jangan sampai terkontaminasi dengan kotoran hewan, kotoran burung, di datangi semut, kecoak atau tikus. karena binatang-binatang liar itu kerap membawa masalah karena mereka adalah sumber kuman yang nyata. Penjemuran harus sampai benar-benar kering, proses penjemuran semacam ini juga dapat dialihkan dengan menggunakan Oven dengan panas 80 derajat celcius.

Setelah voer racikan benar-benar kering 98%, selanjutnya voer di simpan dalam wadah toples yang tertutup rapat dan bisa anda berikan pada burung Cendet sewaktu waktu. Untuk penyimpanan dalam jangka panjang sebaiknya di dalam toples diberi silica penghisap lembab. hal ini untuk menghindari voer dari terjadinya jamuran.

Dengan pemberian Voer Racikan ini, perhatikanlah efeknya, bila dengan voer ini saja burung menjadi rajin berkicau, lalu buat apa memberi EF lainnya. Namun bila efeknya kurang maksimal maka pemberian Jangkrik tetap di berikan dalam jumlah tertentu sesuai kebiasaan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bila Kuning Telur mengandung banyak protein yang dibutuhkan oleh burung, agar rajin berkicau. Sedangkan madu sejak zaman dahuluh telah diyakini memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menjaga stamina dan vitalitas. Sehingga lengkap sudah komposisi yang terkandung dalam Voer Racikan ini. untuk jumlah madu atau telur silahkan di utak-atik sendiri sampai menemukan setelan yang tepat.

Selamat mencoba tips yang dibagikan oleh member dari Cendet Mania Nusantara dengan inisial yang sangat aneh - M Kupret Kampret, he he he... Selain itu saya juga menambahkan beberapa hal yang saya anggap perlu sehingga akan lebih memudahkan pembaca blog Cendet Jatim

No comments:

Post a Comment