Thursday, November 27, 2014

Setelan Harian dan Lomba Burung Cendet Istana H Catur

Hampir semua burung cendet memiliki karakter yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, sehingga tak akan ada yang salah bila ada setelan yang berbeda antara satu burung dengan burung cendet lainnya. Setelan yang dimaksud disini adalah porsi makan harian dan porsi makan lomba. Berikut ini Cendet Jatim ingin membagikan rahasia perawatan Burung Cendet Istana milik H Catur yang berhasil menempati posisi yang strategis di lomba burung sabtu ceria THR Surabaya.

Burung Cendet Istana milik H. Catur ini sebelumnya adalah milik Om Nyoto, saya sendiri mengamati perkembangan burung ini dari waktu masih trotolan. Burung ini memiliki mental yang bagus dan gaya bertarung yang bagus juga. Bila dilihat dari segi usia, hingga saat ini burung ini masih sangat muda untuk di tarungkan hal ini bisa dilihat dari kakinya yang masih basah, belum kering apalagi nyisik.

Setelan dan Perawatan Harian
  • Burung cendet muda ini telah makan voer dan sering dikerodong, burung hanya dibuka saat dimandikan, diberi makan dan dibersihkan sangkarnya.
  • Burung dimandikan setiap pagi jam 9, dengan cara disemprot, kemudian di jemur sampai jam 11 siang. Bila ada burung cendet yang lain, maka burung yang lebih muda sebaiknya dikerodong.
  • Setelan jangkrik untuk harian cukup 5 ekor Pagi dan sore hari.
  • Kroto diberikan hanya seminggu 2 kali.
  • Siang hari burung dikerodong hingga sore untuk diberi jangkrik, namun sebelum dikerodong, setelah dipanaskan diletakkan ditempat yang dingin sekitar 1 jam.
  • Sore hari burung diberi jangkrik 5 ekor, kemudian di angin-anginkan sebentar dan dikerodong lagi untuk dimasteri dengan suara masteran hingga malam hari.


Menjelang lomba di hari sabtu sore, burung mulai dikarantina sejak hari rabu. dimana burung lebih banyak dikerodong dan diberi extra fooding, adapun EF yang dimaksud adalah dengan memberikan jangkrik 8 ekor pagi dan sore hari, kroto diberikan di hari rabu dan jum'at saja. Sedangkan UH diberikan jum'at malam dan saat burung akan dilombakan. Adapun jumlah UH yang diberikan adalah 5 ekor.


No comments:

Post a Comment