Tuesday, December 16, 2014

Cara-Cara Mengatasi Cendet Salto

Agan-agan Cendet Mania yang berbahagia maupun yang sedang galau, tentu saja agan-agan sudah terbiasa mendengar dan mengetahui seekor burung cendet yang suka salto saat berkicau maupun salto melulu dan tak mau berkicau. sebenarnya apa yang terjadi pada burung cendet tersebut? mari kita simak ulasan Cendet Jatim berikut ini.

Cendet yang suka salto disebabkan oleh :
  1. OB - over berahi
  2. Stress 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? untuk mengatasi hal tersebut mungkin kita bisa menggunakan satu atau kombinasi cara berikut ini :
  • Gunakan satu pangkringan/tenggeran. tips ini merupakan inspirasi dari cendet mania asal madura yang menyarankan agar burung cendet yang suka salto saat gacor sebaiknya menggunakan 1 pangkringan saja. 
  • Mandikan malam hari, burung yang mengalami OB dan bertingkah salto saat berkicau sebaiknya dimandikan dimalam hari sekitar pukul 20.00 s.d. 21.00.
  • Kurangi EF, burung yang suka salto disebabkan over energi, dengan demikian cara paling ampuh lainnya adalah dengan mengurangi makanannya, tapi bukan voernya, melainkan EFnya. Atur ulang EF kurangi secara perlahan sampai menemukan setingan yang pas.
  • Burung yang stress akibat kalah bertarung, karena perjalanan atau takut akan sesuatu benda sebaiknya di asingkan dan jangan dipertemukan dengan burung cendet sejenis. burung sebaiknya di full kerodong, berikan full voer, beri jangkrik 2 ekor per hari dan biarkan di tempat pengasingan tanpa dimasteri maupun dibuka kerodongnya agar burung merasa tenang didalam sangkar. Sangat sulit mengatasi cendet yang stress, tidak cukup 1 atau 4 bulan untuk menyembuhkannya. Biarkan burung merasa tenang dan nyaman di tempatnya. jangan pula memindahkan tempat gantangan sampai burung menjadi tenang. Setelah burung menjadi tenang barulah dibuka kerodongnya dan tetap ditempatkan ditempat itu.
  • Lain lagi bila burung yang down karena kalah bertarung sehingga menjadi pendiam, solusinya adalah memberikan EF yang ditingkatkan porsinya. memberikan kroto 1 cepuk kecil, jangkrik dan UH adalah cara paling mudah, silahkan gunakan salah satunya atau dikombinasi.

Burung cendet adalah burung teritori, butuh latihan yang rutin agar burung memiliki mental yang bagus, usia burung juga mempengaruhi mental dan kicauan, untuk itu burung yang telah tenang, jinak dan rajin berkicau dirumah bisa dilatih mentalnya. Baca Cara Melatih Mental Cendet.



No comments:

Post a Comment