Sunday, March 29, 2015

Menjemur Cendet Pasca Mabung

Tampaknya musim penghujan di tahun ini hampir habis, masa mabung burung pun ada yang sudah usai, bulu-bulu burung sudah kembali tumbuh sempurna, tampak segar dan mengkilap akibat pemberian makanan yang pas, asupan nutrisi yang cukup dan perawatan yang rutin. Nah, setelah melalui masa mabung yang melelahkan dengan waktu antara 3-4 bulan, akhirnya burung cendet pun sudah kembali seperti sediakala, ekor yang panjang dan tampak segar. Sekarang saatnya kita mulai menjemur burung tersebut dengan pencahayaan yang cukup karena cuaca sudah kembali cerah.

di pagi hari tampak matahari dari ufuk timur bersinar sangat terang, tak ada lagi awan yang menyelimuti matahari, sehingga seluruh bumi akan mendapatkan sinarnya dengan sempurna. Tumbuhan akan mendapatkan energi untuk fotosintetis, demikian juga makhluk lain akan mendapatkan sinar untuk membakar pro vitamin D menjadi Vitamin D. Sinar matahari akan menyegarkan bulu-bulu burung yang telah dimandikan, dimana istilah ini disebut juga dengan "Burung Bersolek"

Burung yang baru kelar masa mabungnya sebaiknya tidak langsung dijemur diterik matahari yang sangat panas, karena panas yang menyengat bisa menyebabkan bulu muda menjadi cepat kusam. Mulailah penjemuran dari matahari belum terbit, yaitu saat matahari baru mulai muncul sekitar pukul 6 pagi. biarkan burung mendapatkan sinar yang baru terbit dan tidak begitu menyengat. Setelah pukul 7 dan matahari mulai naik ke permukaan barulah burung dimandikan.

Mandikan burung cendet dengan cara di semprot, dengan semprotan yang halus sampai puas. Setelah selesai dimandikan barulah burung kembali dijemur sampai  pukul  8 atau pukul 9 saja. karena burung yang masih memiliki bulu muda tidak baik bila terkena sinar matahari yang menyengat.

Lalu kapan memberi makannya? he he he ...

Setelah dimandikan burung cendet diberi Jangkrik sesuai dengan porsinya, paling tidak 3 ekor jangkrik segar dan kroto 1 sendok teh.

bila penjemuran dilakukan dibawah, sebaiknya kroto diberikan setelah dijemur saja untuk menghindari burung dari serangan semut.

Sekiranya itulah yang dapat saya bagikan hari ini terkait perawatan burung cendet yang telah melalui masa mabung. Penjemuran pasca mabung menjadi sangat penting karena ini terkait performance dan penampilan burung di kemudian hari.


Salam cendet jatim mania....

No comments:

Post a Comment