Thursday, September 15, 2016

Merawat Cendet Ngurak

Merawat atau perawatan burung cendet yang sedang ngurak/mabung/ganti bulu memang berbeda dengan perawatan untuk burung harian, karena pada waktu ngurak, burung cendet membutuhkan waktu yg cukup untuk istirahat serta makanan yang cukup gizi, dan yang paling penting adalah tempat yang nyaman dan jauh dari gangguan.

Burung cendet yang sedang ngurak sebaiknya ditempatkan ditempat yang tenang, jauh dari gangguan dan mendapatkan masteran yang sesuai dengan tipe kicauannya.

Lalu bagaimana cara mengatur makanan untuk burung cendet yang sedang ngurak? Ada banyak keyakinan cendet mania dalam masalah ini, kesalahan atau ketidaksesuaian terhadap burung dapat mengakibatkan burung cendet menjadi rusak. Untuk itu sangat penting bagi pemelihara burung cendet untuk menguasai dan memahami karakter dari masing masing burung yang sedang dirawatnya.

Berikut ini Cendet Jatim ingin menyampaikan tips sederhana merawat burung cendet ngurak dari om Adi dari Ngawi City, semoga bermanfaat..

  1. Pada awal diketahui burung mulai rontok bulunya, boom dengan kroto 1 cepuk dan UH 5 ekor, setelah itu burung dikerodong sampai burung mengalami rontok bulu secara maksimal berikan voer yang cukup dan burung disimpan ditempat yang nyaman.
  2. Selama masa ngurak, sebaiknya burung tetap dikerodong, hanya dikeluarkan saat dibersihkan sangkarnya, diganti air minumnya dan diberi makan.
  3. Selama masih rontok, biarkan burung cukup makan voer yang bergizi, akan lebih baik jika voer ditambahi dengan tepung jangkrik agar asupan gizi tercukupi.
  4. Selama masa ngurak, mandikan burung cukup 1x dalam seminggu dipagi hari, kemudian burung dijemur sebentar (30 menit) kemudian burung kembali dikerodong.
  5. Setelah melalui masa ngurak, dan bulu sudah tumbuh sempurna barulah rawatan dibuat seperti sedia kala.
  6. Pemasteran terhadap burung cendet dapat dilakukan kapan pun, yaitu saat ngurak maupun saat tidak ngurak, karena burung ini adalah burung yang cerdas dan memiliki daya ingat yang tinggi, sehingga sewaktu-waktu dapat dimaster.
  7. Saat masa ngurak hindari penjemuran disiang hari, karena hal ini dapat mengakibatkan bulu-bulu menjadi rusak.

Demikian tulisan kami hari ini, semoga bermanfaat untuk rekan- rekan Cendet Mania, terima kasih untuk Om Adi atas tips dan trick yang telah dibagikan, semoga bermanfaat untuk yang lain. 
Salam Cendet Mania....

No comments:

Post a Comment