Thursday, January 16, 2014

Cara Melatih Mental Burung Cendet

Siapa pun tentu ingin memiliki burung dengan mental yang kuat sehingga mau berkicau dimana pun tempat, namun pada kenyataannya untuk mendapatkan burung yang memiliki mental yang bagus bukanlah perkara mudah. Kali ini kami ingin berbagi tips di Cendet Jatim tentang cara melatih mental burung cendet agar mau berkicau dimana pun tempat.

Mental burung dipengaruhi juga dengan usianya, namun dengan gemar melatih burung bisa lebih terlatih sejak dini, inilah tipsnya :

Gantunglah Burung Ditempat Yang Ramai
Dengan menggantung burung ditempat yang ramai sepanjang hari burung akan memiliki mental yang bagus sehingga mau berkicau meskipun ditempat keramaian. 

Seringlah dipindah pindah tempat gantungannya
Bawalah burung jalan jalan dan sesekali burung digantang di pinggir hutan, dibawah pohon atau dipinggir jalan, dengan naik motor atau mobil sehingga burung akan terbiasa melakukan perjalanan.

Lakukan Gathering atau Ngetrek dua minggu sekali
Dengan mempertemukan burung cendet satu dengan cendet lainnya milik teman adalah salah satu cara meningkatkan motivasi burung agar lebih bergairah karena burung merasa memiliki teman atau lawan dalam bersaing teritorial
 
Bawalah burung ke arena lomba
Meskipun burung tidak dilombakan, cukuplah digantang di kejauhan namun bisa mendengar aneka kicaua burung yang ada di arena lomba, ini juga bagus untuk meningkatkan mental burung. 

Faktor Perawatan
Perawatan dengan penuh kesabaran dan rutin, burung akan terbiasa dengan perawatan manusia baik dari proses pemandian, penjemuran, pembersihan sangkar bahkan pemberian pakan yang rajin.
 
Faktor Usia
Burung Cendet yang dirawat dalam waktu yang lama dan sering dipindah-pindah tempat setelah memasuki usia yang mapan akan memiliki mental  yang bagus.


2 comments:

  1. Nice post..
    ..oooO…………..
    …(….)…..Oooo…
    ….\..(…….(…)….
    …..\_)…….)../…..
    ……………(_/……
    Jejak di blog ku..
    Thanks.

    Salam blogger
    ( http://www.lingkartulis.com)

    ReplyDelete
  2. Thanks atas kehadirannya, semoga bermanfaat... Salam blogger juga. akan ku jejakkan langkahku kesana....

    ReplyDelete