Sunday, March 30, 2014

Solusi atau Cara Mengatasi Cendet Salto

Salto merupakan keluhan yang dihadapi hampir semua Cendet Mania, padahal salto adalah salah satu karakter atau sifat dari hampir semua burung cendet sebab salto itu adalah kemampuan yang unik yang dimiliki tidak semua burung. Namun tingkah salto menjadi tidak disenangi karena burung berkicau mencadi tidak enak dipandang, bahkan kicauan burung menjadi berkurang sebab saat bertingkah salto 90 persen burung tidak berkicau.

Solusi mengatasi Cendet Salto telah sampaikan oleh banyak master burung cendet, namun kali ini Cendet Jatim ingin menyampaikan tulisan singkat tentang Cara lain berdasarkan pengalaman pribadi dan penuturan teman teman pecinta cendet jatim.

Cendet bertingkah salto mungkin saja karena burung memiliki mental yang kurang baik, mental burung kurang stabil dan burung masih muda, untuk itu bersabarlah dalam merawat burung muda, rajin rajinlah dimandikan di pagi hari dan jemur seperlunya. Agar burung memiliki mental yang kuat, sebaiknya burung sering di jemur dibawah (lantai) atau dipinggir jalan.

Untuk burung yang belum memiliki mental baik, pemberian jangkrik sebaiknya diberikan saat bulu-bulu sudah kering karena telah dijemur sesaat, Setelah diberi jangkrik barulah penjemuran kembali dilanjutkan. Burung yang memiliki mental baik biasanya tidak akan salto, untuk itu biasakan burung untuk dipindah2 tempat gantungannya.

Bila dimandikan satu kali selama 2 minggu belum ada perubahan, mandi dapat ditingkatkan 2 kali sehari dalam 2 minggu di lihat perkembangannya. Bila sudah mandi dalam 2 minggu juga tidak ada perubahan, cobalah burung tidak dimandikan sampai burung mau mandi sendiri di cepuk air minum yang diganti setiap hari dan di isi penuh. mungkin karakter burung anda adalah burung yang tidak suka mandi.

Setelah mengatur jadwal pemandian namun tidak membuahkan hasil, selanjutnya coba dirubah posisi pangkringan, bila biasanya saling silang sekarang dirubah menjadi sejajar, coba selama 2 minggu bila tetap tidak ada perubahan, coba saja pangkringan 1 dibagian bawah, sementara pangkringan atas di ambil. tips ini telah dicoba oleh cendet mania di Jombang dan berhasil burungnya menjadi nagen.
 
Pemandian dan posisi pangkrinan telah dirubah untuk menemukan solusi yang tepat, jika belum membuahkan hasil selanjutnya cobalah diatur lagi setingan jangkriknya, bisa saja burung bertingkah salto karena kebanyakan energi atau kebanyakan jangkrik. Karena tidak semua burung membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas di dalam sangkar. Tidak hanya jangkrik, jumlah EF lainnya juga patut untuk diatur kebutuhannya.

Ada juga burung Cendet bertingkah salto karena burung merasa pengap atau takut didalam kerodong, kerodong yang telalu gelap terkadang membuat burung cendet menjadi bingung sehingga di dalam kerodong si cendet akan terdiam di dasar sangkar, ketika kerodong dibuka burung akan salto dan berputar-putar didalam sangkar. Solusinya, gunakanlah kerodong yang tipis agar burung bisa melihat kondisi di sekitarnya.

Itulah beberapa solusi yang patut dicoba bila anda mendapati burung cendet yang suka salto, ketahuilah penyebabnya maka anda mengetahui solusi yang mesti dikerjakan untuk membuat burung menjadi jinak dan tidak banyak tingkah.

Salam Cendet Mania


No comments:

Post a Comment