Friday, February 7, 2014

Perawatan Cendet Mabung | Ngurak | Moulting di pergantian musim

Mabung adalah masa pergantian bulu yang terjadi pada semua hewan jenis unggas tak terkecuali adalah Burung cendet. Masa mabung adalah masa yang paling penting, masa yang menunjukkan kematangan dari segi usia. Saat mabung burung cendet membutuhkan waktu istirahat yang cukup dan makanan EF yang cukup juga. 

Inilah Cara Merawat Cendet mabung :
  • Burung harus dikerodong setiap hari agar proses perontokan bulu lebih cepat. karena burung yang dalam kondisi dikerodong akan merasa aman sehingga akan lebih cepat merontokkan bulu dibandingkan burung yang di lepas ke alam bebas yang takut akan adanya predator bila tak mampu terbang.
  • Berikan EF jangkrik, kroto dalam jumlah yang cukup agar proses pergantian bulu baru depat terjadi dengan cepat, terutama bila burung telah memasuki masa pertumbuhan bulu baru.
  • Pemandian cukup dilakukan seminggu sekali
  • Pembersihan kandang dapat dilakukan seminggu dua kali.
  • Penjemuran tidak perlu dilakukan kecuali ketika matahari baru terbit, itupun sebentar.
  • Pemasteran dapat terus dilakukan selama masa mabung
  • Jangan dipertemukan dengan burung cendet lainnya.
  • Gantungkan burung ditempat yang sepi dan nyaman.
  • Semoga bermanfaat.
Tidak ada burung yang akan merontokkan bulu sekaligus, untuk itu harap bersabar dalam memasuki tahap ini, burung bagaiman pun tetap membutuhkan bulu untuk menghangatkan tubuhnya dan melindungi kulitnya dari berbagai perubahan cuaca, bulu itu adalah baju dan selimutnya burung sehingga tidak mungkin burung akan merontokkan bulu secara bersamaan, proses perontokkan bulu secara alami akan berlangsung secara bertahap, sehingga burung masih bisa bertahan dalam kondisi cuaca apa pun.

Bila sukses dalam melalui masa pergantian bulu ini, maka burung akan menjadi lebih bagus setelah bulu-bulu kembali sempurna. Untuk itu harap diperhatikan dengan seksama dan hati-hati dalam merawat burung ketika burung dalam masa mabung, terutama bila burung menghadapi musim yang ekstrim.

Dalam pengamatan saya dan pengalaman rekan rekan KM-Kissawa, burung cendet akan melalui masa mabung di pergantian musim bila bulu-bulu yang lama telah tampak kusam atau tua, Proses Mabung itu bisa terjadi setahun sekali bahkan lebih. Adapun lamanya mabung tergantung dari perawatan dan kondisi metabolisme burung itu sendiri, namun dalam catatan saya burung cendet akan mabung dengan tuntas dalam tempo 1-2 bulan.

Namun demikian catatan saya itu tidaklah mutlak, karena di forum CMN saya pernah membaca ada member yang menyatakan bila proses mabung cendet ada yang sampai 3 bulan.

Saat saya menulis artikel ini, kedua burung cendet kesayangan saya sedang merontokkan bulu atau ngurak... yang sabar aja bila merawat burung ngurak, karena burung umumnya tidak mau berkicau.
Salam Cendet Mania....

No comments:

Post a Comment