Wednesday, August 20, 2014

Mabung Cendet Tidak Tuntas, ini Solusinya

Sehubungan dengan banyak Cendet mania yang mengeluhkan burung kesayangannya tidak mau mabung secara tuntas, dalam artian burung hanya mengalami penyulaman beberapa helai bulu saja. Maka pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips Solusi Mengatasi Cendet yang Mabungnya tidak tuntas. Mungkin dalam hal ini sangat erat kaitannya dengan Cara Merawat Cendet Mabung dan Perawatan Cendet Pasca Mabung.

Cendet mabung
Karena mabung adalah masa-masa yang sulit dan membosankan maka sangat banyak cendet mania yang mengeluhkan kondisi tersebut. Agar burung bisa melalui masa mabung dengan baik dan burung bisa kembali berkicau dengan lantang, maka perawatan adalah kunci utamanya. 

Faktor yang mempengaruhi burung cendet tidak bisa mabung total atau tuntas sangatlah beragam, jika kita bisa mengetahui permasalahannya maka kita akan lebih mudah dalam kita menemukan solusinya. Burung tidak mau mabung tuntas bisa disebabkan karena lingkungan yang kurang nyaman, banyak gangguan predator dan terlalu berisik - untuk itulah burung cendet yang sedang mabung harus diletakkan ditempat yang sepi dan nyaman, ini solusinya.

Burung cendet tidak bisa mabung tuntas bisa juga disebabkan karena burung kekurangan nutrisi, dalam hal ini tentu saja solusinya adalah memberikan makanan EF yang cukup saat burung sedang mabung, karena saat mabung sistem metabolisme meningkat 40 %.

Bila burung tiba-tiba ngambek, sementera bulu-bulu tua masih tampak banyak menjuntai maka solusinya adalah memandikan burung kemudian langsung dikerodong, dalam kondisi dikerodong burung dijemur, setelah dijemur 30 menit, kemudian kerodong di semproti agar burung didalam sangkar merasa seperti di sauna. Terapi sauna ini bertujuan agar sistem metabolisme meningkat, pori-pori terbuka sehingga bulu akan lebih mudah rontok. 

Selain terapi sauna seperti cara diatas, tentu saja perlu dilakukan boom EF,  yaitu dengan meningkatkan pemberian EF dari setelan biasanya. Selanjutnya burung harus terus dikerodong, selama belum tuntas jangan pernah menjemur burung langsung di matahari terbit, umpana dimandikan cukuplah burung di angin-anginkan. kemudian burung dikerodong lagi dan diletakkan ditempat yang sepi.

Sekian, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment