Friday, August 8, 2014

Pentet Adalah Jenis Burung Predator Yang Cerdas

Burung Pentet disebut sebagai burung predator karena burung ini adalah jenis burung yang suka memakan serangga dan binatang kecil lainnya. sehingga keberadaan burung Pentet ini di alam liar adalah untuk menjaga keseimbangan lingkungan sehingga di alam liar keberadaan serangga pemakan tanaman petani dapat dikendalikan secara otomatis. Coba saja anda bayangkan bila di alam liar tidak ada predator pemakan ulat atau belalang, tentu saja pertumbuhan dan perkembangan serangga itu bakal luar biasa dan sulit untuk dikendalikan kecuali dengan pestisida.

Burung Pentet
Sayangnya keberadaan burung Pentet yang begitu penting itu terabaikan karena kita menyadari bila Burung Pentet memiliki pesona yang luar biasa, tentu saja dalam hal ini adalah pesona kicauan yang merdu dengan suara yang nyaring dan keras. Belum lagi bila kicauan burung pentet itu bermaterikan irama suara burung atau hewan lainnya. Karena kemampuannya menirukan aneka suara burung dan hewan lainnya itulah sehingga para pecinta burung menyebutkan bila Burung Pentet adalah Burung Yang Cerdas.

Penurut catatan pecinta burung, pada tahun 90-an dan sebelumnya keberadaan burung pentet di alam masih sangat banyak, baik di tanah jawa maupun Sumatera. namun setelah kita menyadari kemampuan olah vokal dari burung predator ini, keberadaan burung ini di alam mulai berkurang karena terus diburu oleh pemburu burung untuk memenuhi kebutuhan pecinta burung yang terus meningkat di kota-kota besar seperti Jakarta, Jogyakarta, semarang, Solo dan Surabaya.

Dalam pemeliharaan sehari-hari burung pentet yang dipelihara dari anakan/lolohan dapat diberi Voer dan sedikit serangga seperti jangkrik atau ulat, selain itu agar burung pentet memiliki materi kicauan yang bagus sebaiknya juga di ajarkan bernyanyi, yaitu dengan sering memperdengarkan suara-suara yang kita kehendaki dan sesuai dengan karakter suara burung tersebut, hal ini disebut dengan Pemasteran.

Ada banyak jenis suara burung dan hewan yang bisa ditirukan oleh burung pentet, dalam kaitannya untuk suatu lomba berkicau maka pemasteran pun dikaitkan erat dengan tingkat kesukaan atau jenis suara yang dikehendaki oleh juri. Kriteria suara burung pentet yang dikehendaki oleh juri pada suatu lomba adalah jenis suara yang rapat, jelas dan berulang-ulang sehingga membentuk irama naik turun yang sempurna dan indah untuk di dengar.

Burung Pentet yang dipelihara dalam waktu lama dirumah-rumah penduduk biasanya akan menirukan apa yang didengarnya seperti suara Burung Kutilang, Prenjak, Ayam betina, anak ayam, kucing, tokek, terompet  penjual bakso dll... 

Karena hampir semua jenis suara dapat ditirukan (kecuali suara manusia), maka agar menjadi burung cendet yang hebat sebaiknya burung ini dimasteri dengan pemasteran yang baik. adapun jenis masteran burung cendet yang baik dan disukai Pentet Mania saat ini adalah suara : Lovebird, Belalang, Jangkrik, Tengkek Buto, Gereja Tarung, Kenari dan Ciblek.

Buktikanlah bila Burung Pentet memanglah burung yang cerdas dengan merawat burung ini sebaik mungkin, memberi makanan yang disukai dan memberi pemasteran yang tepat. 

Salam Pentet/Cendet Mania... 

Pentet atau Cendet adalah jenis burung yang sama, dalam artikel ini saya lebih banyak menyebut Pentet, karena banyak pecinta pentet yang di daerah menyebut burung ini dengan nama tersebut, sedangkan untuk orang Surabaya lebih banyak menyebutnya Cendet.

No comments:

Post a Comment