Friday, December 26, 2014

Menyiapkan Cendet Untuk Lomba by Om Gatot

Sobat Cendet Jatim, Salah satu pertanyaan yang sangat menarik bagi pecinta burung cendet mania adalah ? 
Masalah faktor usia berapakah burung cendet siap untuk digantangkan, atau ikut serta dalam perlombaan.
Bagi pemula banyak yang terjebak dalam hal masalah ini, karena bisa saja disebabkan kurangnya pengetahuan dan pengalaman tentang umur burung cendet siap lomba. 

Apalagi yang memiliki burung cendet hariannya biasanya bocor kowor – kowor, tiba – tiba saat di gantangkan malah diam seribu bahasa.

Hal ini biasanya sering membuat frustasi sang pemilik, bahkan dapat menjadikan burung setelahnya ngedrop yang akhirnya harus memulai babak baru untuk mentreatment burung tersebut dengan khusus untuk memulihkan kondisinya.

Banyak juga bagi pemula yang belum tahu kondisi burung cendetnya yang lagi dalam masa mabung, akan tetapi burung tersebut dipaksakan untuk lomba, padahal kondisi burung belum cukup umur dan apalagi dalam masa mabung tersebut bulu – bulu cendet belum tuntas/ kondisi burung cendet tersebut belum sempurna dalam hal rontok dan tumbuhnya bulu – bulu,Sehingga pasca lomba atau setelah dilombakan Burung Cendet tadi bulu bulunya tiba-tiba ambrol lagi dan ambrol lagi sehingga membuat stress sang pemilik Cendet. 

Hal ini dapat diakibatkan oleh kondisi bulu burung Cendet yang belum sempurna, sebab setelah mabung umumnya bulu bulu baru burung Cendet masih belum kuat dan sempurna seperti bulu-bulu Cendet pada umumnya alias bulu belum tua dan bisa dikatakan bulu tersebut masih bulu muda, sehingga begitu burung Cendet pasca mabung tadi buru buru diadu maka bulu-bulunya akan ambrol lagi.

Oleh sebab itulah seharusnya untuk Cendet yang baru selesai mabung atau belum tumbuh sempurna bulunya, alangkah baiknya jangan buru buru diadu dengan burung Cendet lain dan tunggu sampai bulu bulunya cukup tua atau sekitar 2 bulan setelah bulu bulu baru tumbuh semua dan bulu tersebut terlihat sempurna termasuk bulu ekor yang palingpanjang sudah notok penuh (tumbuh penuh) dan jika sudah notok atau tumbuh penuh atau sekitar lima bulan sejak awal masa mabung Cendet tersebut, barulah Cendetboleh diadu secara bertahap, namun sebelum itu sebaiknya lakukan perawatan intensif untuk burung Cendet pasca mabung dan bertahap kembali keperawatan harian burung Cendet kesayangan kita.

Mayoritas umur burung Cendet dikatakan cukup umur atau siap lomba adalah pada umur sekitar 2 kali mabung atau dua tahun.

Meski demikian, bukanlah patokan mutlak sebab sebagian pemain Burung Cendet,juga berani menurunkan Cendet mereka ke ajang lomba meskipun burung Cendet mereka masih usia muda atau sekitar umur 1 tahunan ( 1 kali mabung).

Yang terpenting lagi dalam hal faktor ini, akan lebih baik lagi kalo kita pandai – pandai dalam memahami karakter burung tersebut, kadang kala sebagian burung memang sudah ada bawaan mental yang sudah kebal, walaupun dalam usia yang masih muda.

Melatih Cendet lomba secara bertahap merupakan hal penting untuk melatih mental Cendet ke ajang lomba mulai dari melatih diperlihatkan dengan burung Cendet lain dengan cara menggantangkan burung Cendet kita dari jarak jauh dulu dengan waktu sebentar dan tidak perlu lama lama sebab burung Cendet adalah jenis pemangsa sehingga Cendet kesayangan kita dikhawatirkan akan kalah mental jika diadu dengan Cendet mapan lainnya alias Cendet cukup umur apalagi dengan kualitas burung Cendet kelas lomba.

Kutipan Cendet Jatim dari Om Gatot Suyono CMN

No comments:

Post a Comment