Tuesday, April 22, 2014

Lagu dan Isian Cendet Terbaik 2014

Lagu atau Isian merupakan hal yang sangat penting bagi burung pengicau, karena burung cendet adalah termasuk predator yang cerdas maka tak heran bila burung ini bisa menirukan aneka jenis suara yang ada di alam atau yang biasa di dengarnya. Bagi Hobbies pemula dalam hal merawat cendet tentu saja banyak mencari referensi tentang Perawatan Burung Cendet, termasuk masteran apa yang cocok untuk burung cendet dan diminati juri sehingga lagu yang dibawakan menjadi sangat enak.



Lagu merupakan cara bagaimana burung menyanyikan suara yang dikuasainya, sedangkan isian merupakan suara apa yang dikuasai, bila burung bisa menyanyikan dengan intonasi yang merdu, naik turun yang teratur dan memiliki kerapatan yang bagus tentu saja burung akan memiliki nilai lebih.

Menurut saya cendet jatim harus dimaster dengan suara yang sesuai dengan karakter cendet, adapun karakter suara yang cocok itu adalah bertipe kasar dan tajam. Banyak cendet mania yang membenci kicauan kutilang, namun karena burung cendet burung yang cerdas, baru sekali mendengar saja langsung terekam dan ditirukan kicauannya. Padahal kicauan kutilang juga tak mengapa asalkan dengan cerecetan yang rapat, bukan hanya tut tilung tut tilung yang ditirukannya, tapi suara tet tet tet teet...

Burung menguasai 3 lagu saja asalkan bisa dinyanyikan dengan jelas, di ulang ulang dan di nyanyikan dengan baik sudah cukup baik.

Adapun Lagu dan Isian Cendet Terbaik 2014 yang menjadi pilihan pecinta burung cendet adalah sebagai berikut :

Suara Gereja Tarung
Suara Lovebird
Suara Tengkek Buto

Lebih dari itu burung Cendet juga baik bila dimasteri dengan :
Suara kenari
Suara Jangkrik
Suara Belalang
Suara Tembakan Prenjak
Suara Cililin

Itulah beberapa Lagu dan Isian Wajib bagi Cendet agar burung tersebut menjadi cendet terbaik, baik untuk rumahan maupun lomba. Bila anda membeli burung untuk lomba sebaiknya menghindari kicauan burung yang menirukan suara ayam, tokek, kucing. Karena sebagian besar juri dan cendet mania kurang menyukai isian suara ini.

Demikian, semoga bermanfaat... jika ingin memiliki masteran tersebut diatas hubungi admin Cendet Jatim, atau Contact us

 

No comments:

Post a Comment