Wednesday, May 14, 2014

Lamanya Penjemuran dan Manfaat Penjemuran Bagi Cendet

Burung Cendet termasuk dalam katergori burung  yang suka panas, burung predator ini tempat hidupnya adalah ditempat terbuka dan semak-semak pepohonan di pinggirnya. Dalam pengamatan saya, sangat jarang ditemukan burung cendet ditempat yang dingin atau hutan belantara. Burung ini lebih suka ditempat terbuka seperti di persawahan atau bukit tanpa pohon yang rindang. Karena burung ini suka tempat yang terbuka maka kebiasaan itu bisa kita gunakan sebagai barometer bahwa burung cendet suka di jemur ditempat terbuka atau ditempat panas.



Manfaat penjemuran tentu saja sangat banyak, diantaranya adalah :
  • Menjadikan burung lebih sehat karena mendapatkan sinar matahari yang cukup
  • Menjadikan burung lebih kurus dan langsing, sehingga burung akan lebih rajin berkicau. Terbukti burung  yang kegemukan jadi malas berkicau.
  • Panas matahari dan ketersediaan air minum yang bersih menjadikan burung memiliki pernafasan yang baik sehingga burung akan memiliki volume yang keras.
  • Panas matahari akan membunuh kuman di dasar sangkar dan mengusir berbagai macam organisme pengganggu lainnya yang kerap menjadi hama bagi burung.
  • Panas matahari juga bisa mengusir dan membunuh  kutu pada bulu burung.


Itulah beberapa manfaat penjemuran bagi burung cendet, sedangkan lamanya penjemuran tergantung kebiasaan burung. Namun burung ini kuat dijemur meskipun lamanya penjemuran dari pagi sampai sore, asalkan di dalam sangkar selalu tersedia air yang cukup. dijemur ditempat yang terbuka, bukan di tempelkan di tembok, karena panas tembok membuat burung menjadi silau sehingga mengganggu pandangan dan suhu tubuhnya.

Bila burung belum terbiasa dijemur sampai sore, sebaiknya lamanya waktu penjemuran di sesuaikan, bisa dimulai 1 jam perhari, kemudian dinaikkan 1 jam setiap minggunya.

Burung Cendet Mabung sebaiknya tidak dijemur lebih dari 1 jam dipagi hari, lebih baik burung dalam kondisi mabung tetap disimpan ditempat teduh dandi kerodong agar proses mabung bisa terjadi lebih cepat

No comments:

Post a Comment