Sunday, May 4, 2014

Agar Cendet Anakan Cepat Besar

Tampaknya ini lagi musim anakan cendet lagi, buktinya teman teman Cendet Mania sudah pada mendapatkan anakan cendet yang masih muda, ada yang lolohan usia sekitar 3 minggu sampai 1 bulan, juga ada yang mendapatkan cendet yang sudah bisa makan UK sendiri. Agar Cendet Anakan Cepat Besar tentunya membutuhkan perawatan khusus dan pemberian nutrisi yang memadai.



Memadai disini tentunya disesuaikan dengan kemampuannya makan dan usianya, menurut pengamatan saya Cendet Jatim akan cepat besar bila mendapatkan asupan jangkrik 2 ekor pagi dan sore dan kroto 1 sendok setiap hari. Selain pemberian EF itu tentu saja anda juga harus memberikan Voer sebagai makanan tambahan agar burung merasa kenyang.

Untuk burung yang masih diloloh, pemberian kroto dapat dilakukan dengan mencampurkannya pada voer, adapun durasi pemberian pakan adalah setiap 3 jam sekali. Sementara untuk pemberian jangkrik cukup 2x sehari dan kakinya harus dibuang agar pita suara burung tidak rusak dan burung tidak kesedak.

Voer yang mahal belum tentu bagus, untuk itu tetaplah memberikan voer yang mudah dibeli di daerah anda. karena kebiasaan gonta-ganti voer akan membuat burung mudah stress dan tidak mau bunyi.

Bila burung Cendet dipelihara untuk rawatan rumah, ada baiknya tetap konsisten memberikan jangkrik 2 p/s, dengan setelan yang seimbang secara terus-menerus burung akan lebih cepat berkicau. Setelah burung tampak besar dan mau makan sendiri kroto dapat diberikan setiap 2 hari sekali, kemudian dikurangi secara perlahan menjadi 3 hari sekali. 

Dengan pemberian EF yang cukup dan pemberian Vitamin burung, ternyata Cendet akan menjadi lebih sehat dan kuat untuk bertahan hidup dan menghadapi perubahan cuaca. Selain itu pemberian Vitamin juga menyebabkan burung akan lebih rajin makan voer, sehingga burung akan lebih sehat dan besar. 

Itulah yang dapat saya bagikan tentang tips atar burung cendet cepat besar, dengan semakin besarnya burung tentu kita berharap burung akan cepat berkicau atau ngoceh.

Salam Cendet Mania...

No comments:

Post a Comment