Thursday, July 10, 2014

Resiko dan Pengaruh Cendet Mandi Malam Hari

Banyaknya master cendet yang suka memandikan burung dimalam hari membuat new hobbies bertanya-tanya, apa ya gak kasihan burung dimandikan dimalam  hari pas udara lagi dingin dan gak ada panas matahari? Apa nggak takut kalau cendetnya sakit? Apa gak takut kalau cendetnya mati kedinginan. Berbagai pertanyaan itu  kerap menggelayut dalam angan setiap Hobbies pemula. Untuk menjawab dan membuka tabir rahasia perawatan mandi malam, berikut ini saya ingin mengulas tentang Pengaruh dan Resiko Cendet di mandikan di malam hari.





Mandi malam hanya diterapkan untuk cendet yang membisu, cendet salto dan cendet yang OB (over brahi), sedangkan untuk cendet muda atau bakalan sangat tidak disarankan karena resiko akan lebih terasa daripada pengaruh baiknya. Sebelum memandikan burung dimalam hari baik Cendet maupun burung pengicau lainnya, ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu :

  • Burung dalam kondisi prima dan sehat
  • Burung tidak dalam kondisi mabung/ngurak
  • Burung yang banyak tingkah.
Untuk burung yang sehat tidak ada resiko apapun asalkan dikerjakan dengan penuh kehati-hatian dan melalui beberapa tahapan perawatan. 

Biasanya burung yang dimandikan di malam hari, burung tersebut seharian di kerodong dan tidak dimandikan di sore hari, bisa jadi di  pagi hari dimandikan namun bisa juga tidak. Sebelum dimandikan, buka kerodong dan di angin-anginkan sekitar 15 menit, kemudian beri jangkrik 1 ekor. setelah jangkrik dimakan, barulah burung di mandikan, wadah kotoran diambil dan dibersihkan, mandikan burung sampai basah dan burung tampak sudah diam.

Setelah dimandikan barulah burung di beri jangkri lagi sesuai takaran yang telah diterapkan, ada yang memberi jangkrik 4 atau 5 ekor, semua itu tergantung kebiasaan masing-masing.

Pengaruhnya bila burung dimandikan di malam hari dengan rutin, burung menjadi lebih tenang (tidak giras dan tidak salto), Perawatan ini sangat cocok untuk anda yang sibuk bekerja di siang hari, sehingga perawatan burung dialihkan dimalam  hari, asalkan dilakukan secara rutin burung dipastikan tetap akan rajin berkicau, asalkan diberi makan EF dengan kadar yang pas.

Selamat mencoba, hanya  lakukan mandi malam pada burung yang benar-benar sehat dan bukan pada burung bakalan/bahan.

No comments:

Post a Comment