Monday, July 14, 2014

Buka Paruh adalah Kriteria Lain Cendet Yang Bagus

Cendet Jatim yakin bila di nusantara ini banyak tersedia Cendet dengan kualitas yang bagus, karena Cendet merupakan burung yang mudah untuk dipelihara, asalkan melalui Perawatan yang intens dan Pemasteran yang rutin, Cendet dipastikan akan memiliki materi (isian) lagu yang variatif. Kriteria Cendet yang bagus sudah banyak dibagikan oleh master burung cendet, hal ini merujuk pada tampilan fisik, warna bulu, asal daerah maupun kicauannya. 

Kriteria Lain Cendet Yang Bagus adalah Buka Paruh

Burung Cendet yang mau membuka paruh secara total "mangap ombo" merupakan tipikal burung yang akan tampil ngotot ketika dilombakan, sehingga burung akan berkicau dengan suara yang lantang, lagu yang jelas dan memiliki volume yang keras. tipikal seperti ini adalah tipikal burung yang paling banyak disukai oleh cendet mania dan juri dalam suatu lomba.

Burung semacam ini misalnya Bombastik milik Heru Mulya dari Juana, Pati. Keunggulan Bombastik misalnya, bisa dilihat dari deretan prestasinya. Menurut Heru, sudah Iebih dari 50 kali Bombastik meraih juara, termasuk di FKBI Solo (20/3/2011).

Dengan senjata lagu isian lovebird, walet, yang dinyanyikan dengan speed yang rapat, serta dengan variasi roll dan tembak dengan tetap tenang di atas pangkringan, membuat Bombastik tampak mempesona. Tentunya burung ini juga berkicau dengan membuka paruhnya secara total.

Cendet yang membuka paruh saat berkicau dan memiliki prestasi sangat bagus sangatlah banyak, Drakula, Peterpan, tarantula adalah beberapa cendet juara yang memiliki tipe buka paruh ketika berkicau dirumah maupun dalam lomba.

Kriteria supaya cendet tetap tidak ketinggalan zaman antara lain memiliki irama lagu yang bagus, volume di atas rata-rata, speed rapat, juga dibarengi dengan power yang mumpuni. “Kalau kriteria dasar seperti di atas sudah punya, bisa dibilang tinggal bagaimana kita memolesnya agar mau nampil maksimal di segala kondisi dan cuaca.”

Salam Cendet Mania dari Cendet Jatim

No comments:

Post a Comment