Thursday, July 3, 2014

Resiko Memberi UH Berlebihan

UH - Ulat Hongkong adalah ulat yang badannya lebih besar daripada Ulat kandang, UH biasanya digunakan oleh kicau mania untuk membuat burung cepat naik birahinya, dengan demikian burung akan menjadi memiliki mental yang tinggi saat dilombakan. Namun bila pemberian UH berlebihan bukan manfaat baik yang diperoleh, melainkan efek buruk atau beresiko tinggi.

Ulat Hongkong
Berdasarkan pengalaman pribadi yang terpaksa memberi UH dikarenakan saat sakit tak bisa keluar rumah, jangkrik habis, Ulat kandang habis dan yang tertinggal adalah UH. 3 cendetku aku kasih UH 10 setiap hari selain voer, Prenjak Putih pun kebagian UH 4 ekor setiap hari selama 1 minggu.

Di hari ke delapan apa yang terjadi.

Dua cendetku berak mencret, 1 cendet mata bengkak dan mencret, 1 prenjak putih jadi gelembung, makan voer pun jadi malas, berak putih dan sambil goyangin badan. 

Di hari ke 9 apa yang terjadi :

Dua cendetku tewas dan prenjakku tewas mengenaskan, 1 cendet yang mata bengkak masih bertahan hidup namun mencret dan bulu menggelembung. hingga saat ini mencret dan beraknya nggak normal, udah dikasih vitamin pun gak sembuh sembuh.

Itulah resiko yang saya peroleh setelah semingguan memberi UH pada ke empat momonganku yang ada dirumah. Sangat mungkin burung keracunan dan pencernaan tidak sanggup menahan panas yang dihasilkan dari kelebihan UH. Semoga pengalaman berharga ini tidak terulang kembali. 

Salam Cendet Mania, nembak, ngerol dan nagen...

No comments:

Post a Comment