Thursday, June 26, 2014

Cendet Blangkon, Zoro, Peles, Madura Sama Baiknya

Terjadinya tumpang tindih informasi mengakibatkan beberapa jenis cendet sering tersingkirkan atau terabaikan, sebut saja untuk burung Cendet Jenis Zoro atau Peles. dimana jenis burung ini tidak begitu disukai dengan alasan yang tidak begitu jelas, padahal jika melihat prestasi dan kicauannya semua burung cendet memiliki kelebihan dan kekurangan, karena semua sangat tergantung pada latihan, perawatan dan pemasteran yang diterapkan.

Bila keadaan jenis Cendet Zoro demikian direndahkan, padahal belum tentu juga semua Cendet Madura adalah jawara, semua cendet blangkon atau gondrong adalah jagoan. Apalagi bila perawatan untuk burung cendet tersebut terkesan asal-asalan atau berantakan. 

Menurut pengalaman saya, Cendet Gondrong memang memiliki tampilan yang lebih bagus dan gagah, tapi hal ini tidak menjamin bila burung tersebut adalah burung terbaik, apalagi memiliki mental yang kuat dan memiliki naluri bertarung yang tinggi. 

Suatu ketika saya memiliki 4 ekor cendet, 3 diantaranya adalah jenis cendet kepala hitam atau gondrong, di usia muda burung ini tampak begitu rajin berkicau, namun karena terlalu sibuk akhirnya  kualitas kicauannya menjadi menurun, Sewaktu saya jatuh sakit dan dirawat selama 7 hari, dua diantara tiga cendet kepala hitam itu akhirnya tewas karena hanya diberi voer. Sementara 1 ekor cendet lainnya yang termasuk jenis Zoro ternyata malah bertahan hidup dan terus gacor, padahal burung itu digarap dengan pola perawatan yang tidak teratur. 

Kesimpulannya, Cendet Blangkon, Cendet Gondrong, Madura, Zoro, Peles, Jabar, Jateng, Sumatera, Sumbawa semua sama saja. bila burung dirawat dengan baik dan ajari dengan masteran yang tepat maka burung akan lebih cerdas dan cepat menirukan apa yang anda ajarkan.

Saran saya, peliharalah burung yang berasal dari ternakan, jika terpaksa ambil di hutan maka peliharalah yang dari anakan, karena burung dewasa lebih rentan stress dan mati bila dipelihara apalagi dipaksa untuk makan voer.

No comments:

Post a Comment