Thursday, October 2, 2014

Cara Merawat Lovebird Untuk Masteran

Sobat Cendet Jatim tentu sudah tak asing lagi dengan Burung Lovebird bukan? Burung ini sangat disukai cendet mania sebagai burung masteran, yaitu burung yang menjadi guru kicau untuk Burung Cendet, tentunya dalam hal ini adalah khusus untuk burung Lovebird yang sudah cerewet dan ngekek panjang. Merawat burung selain merawat burung cendet tentunya kita juga sudah biasa merawat burung masteran, kali ini saya juga ingin berbagi tips Cara Merawat Lovebird Untuk Masteran.


Burung Lovebird yang telah ngekek atau masih belajar ngekek bisa diajari dan terus dipancing agar mau ngekek panjang dengan masteran audio mp3 suara cililin dan suara lovebird ngekek panjang. Selain itu burung juga harus dirawat dengan baik, yaitu di beri makanan yang bergizi, dimandikan dan juga dibersihkan sangkarnya.

Merawat Lovebird sebaiknya lebih dari satu agar burung tidak mengalami depresi, karena LB termasuk burung yang suka berkoloni, yaitu suka hidup berkelompok dengan burung sejenis. Bila anda memutuskan untuk memelihara 1 ekor LB, maka usahakan seminggu sekali dipertemukan dengan burung LB lainnya milik teman atau LB yang ada di pasar.

Cara Merawat Lovebird
  • Bersamaan burung Cendet yang dikeluarkan dari rumah, LB juga dikeluarkan dan dijemur. 
  • Jika biasa dimandikan setiap hari maka mandikanlah atau sesuai jadwal yang anda lakukan.
  • Berikanlah makanan yang bergizi berupa biji-bijian, biji kwaci dll, dimana anda bisa membeli pakan ini di pedagang pakan burung yang telah di mix max.
  • Selain biji-bijian, berikan juga sayuran seperti sawi, kangkung, jagung muda dan buah apel.
  • Penjemuran Lovebird untuk masteran cendet bisa bersamaan dan berdekatan, karena banyak cendet mania yang menerapkan metode mendampingi Cendet dengan Lovebird setiap harinya bahkan menjelang lomba pun Lovebird masteran terus dibawa.
  • Siang hari LB tidak perlu dikerodong, biar burung terus berkicau dan menjadi masteran andalan untuk Cendet.
  • Untuk malam hari sebaiknya burung LB dikerodong dan dimasukkan rumah.

Itulah Cara Merawat Harian Lovebird untuk masteran burung cendet, sedangkan untuk perawatan lain saat sedang mabung bisa diterapkan sesuai perawatan burung mabung lainnya.

No comments:

Post a Comment