Wednesday, October 9, 2013

Pakan atau Makanan Burung Cendet

Di alam liar Burung Cendet merupakan burung predator, sehingga makanan utamanya adalah berupa serangga dan binatang kecil. Namun dalam pemeliharaan penghobi, burung sawah ini dapat diberikan makanan pengganti sebagai makanan pokok yaitu berupa Vour, sedangkan serangga dijadikan sebagai makanan tambahan/extra food (EF) atau makanan penambah stamina. 

Perlu di ingat bahwa agar burung cendet dapat hidup dalam waktu yang lama dalam pemeliharaan penghobi, burung cendet tidak mungkin  hanya diberikan vour total,  meskipun dalam vour itu juga terdapat kandungan protein dan vitamin, karena pada kenyataannya burun cendet tetap membutuhkan makanan hidup seperti Jangkrik, Belalang atau cicak.

Makanan yang cocok untuk burung cendet :
  • Vour dengan kandungan protein sedang 10-12 persen, karbohidrat, vitamin dan mineral alami.
  • Serangga dan berbagai binatang kecil hidup seperti : Jangkrik, Belalang, Kelabang, Orong-orong, Ulat Kandang, Ulat Hongkong, Ulat pisang, Ulat bambu, Cacing, Cicak, Kaper dan kroto.

Vour sebaiknya selalu tersedia di cepuk pakan burung cendet, sedangkan EF dapat diberikan sesuai kebiasaan atau kebutuhan berdasarkan Karakter Burung Cendet. Karena semua penghobi burung cendet percaya bila beda burung beda cara perawatannya.

Temukan info menarik seputar perawatan burung cendet hanya di Cendet Jatim

No comments:

Post a Comment