Thursday, April 17, 2014

Cara Menaikkan Pamor dan Harga Burung Cendet

Burung Cendet dikenal sangat erat dengan identitas "ndeso" atau burung desa yang katrok, padahal bila ditelisik lebih jauh nilai transfer burung cendet dari satu pemilik ke pemilik lainnya juga sudah cukup tinggi bahkan bisa untuk beli mobil atau rumah. Sebagai Cendet Mania tentu kita bertanya-tanya bisakah identitas tersebut lepas atau berganti dengan identitas yang lebih elegance sehingga bisa bersanding dengan burung pengicau lainnya yang digemari oleh kicau mania



Alasan burung cendet disebut burung "ndeso" karena harga bakalan burung ini juga masih sangat terjangkau, sehingga hampir semua kalangan mampu membeli dan memilikinya, burung ini di pedesaan dan persawahan masih sangat banyak, kicauan standarnya pun kurang begitu disukai oleh kicau mania kelas atas. Lalu apa upaya kita atau cara kita agar burung Cendet bisa naik kasta?

Cendet Jatim mencoba untuk mengurainya agar Cendet Mania menjadi bersemangat dan memiliki motivasi untuk menjadikan burung Cendet yang berkasta tinggi.

Burung Cendet yang rajin berkicau dan gacor seperti apa pun jika lagu dan isian yang dibawakannya adalah isian standard bukan isian yang sedang ngetrend atau di sukai oleh pecinta burung, tentu saja harga burung tersebut tidak akan bisa terangkat, begitu pentingnya isian sehingga anda sebagai perawat harus mengupayakan agar burung bisa menirukan suara-suara yang digemari pecinta burung.

Salto adalah ciri khas Cendet, maka anda harus mengupayakan semaksimal mungkin agar salto itu tidak menjadi kebiasaan dan menjadikan burung lebih tenang di tenggeran. 

Ketahuilah bahwa Masteran yang baik adalah Masteran yang sedang ngetrend saat ini, lihat lebih jauh dan pelajari lebih jauh masteran dan cara merawat cendet/pentet hanya di Cendet Jatim - rajanya cendet jawara wilayah timur dan tengah.

Kategori yang harus diperhatikan agar burung cendet menjadi juara dan bisa naik kasta :
  • Cendet nagen, yaitu burung berkicau dengan gaya tenang di pangkringan/tenggeran.
  • Cendet Ngerol, yaitu burung berkicau dengan melantunkan beberapa lagu secara bergantian dengan intonasi nada yang serasa dan enak di dengar.
  • Cendet Nembak, yaitu burung berkicau dengan suara yang sangat keras melalui lagu-lagu kasar 
  • Cendet bersuara Kristal, suaranya tidak parau melainkan jernih dan jelas apa yang dinyanyikannya.
  • Volume Tinggi, dimana burung bisa menyanyikan lagu-lagu dengan suara yang jelas dan keras sehingga siapa pun bisa mendengarkan dengan jarak yang jauh maupun diantara sekian banyak burung.
Apakah anda memiliki Cendet dengan kriteria diatas? jika iya maka saya yakin cendet anda akan menjadi cendet yang hebat, istimewa dan termasuk cendet yang berkelas. kuasai saja beberapa masteran lagu dengan fasih dan sedang ngetrend saat ini, yaitu : suara gereja tarung, cililin, tengkek buto, belalang, kenari, Lovebird.

Lima lagu wajib itu bila mampu dikuasai dan dinyanyikan dengan fasih, volume tinggi dan cendet tidak banyak tingkah maka burung anda pasti akan disegani dilapangan.

No comments:

Post a Comment