Wednesday, August 19, 2015

Tips Menjadikan Cendet Angka 1 di Gantangan

Hello Cendeter, Cendet Mania dan Pecinta Cendet di Seluruh Nusantara... sebagai penyayang burung predator ini tentunya sangat mengharapkan memiliki burung cendet yang handal, rajin berkicau dengan isian yang banyak dan memiliki gaya nagen angka 1. Apalagi si jagoan akan dibawa ke gantangan atau untuk dilombakan.

Cendet yang nagen atau angka 1 bisa jadi adalah sifat bawaan atau karakter burungnya, namun faktor perawatan sangat menentukan segalanya. Bahkan om kicau pernah menuliskan bila faktor perawatan menentukan keberhasilan hingga 70 persen, sehingga faktor genetik hanya menempati 30 persen dari kemampuan burung.

Terkadang burung yang nagen angka 1 cukup dilakukan dengan perawatan yang sederhana, terkadang faktor usia juga sangat mempengaruhi atas kemampuan tersebut.

Inilah, Tips Menjadikan Cendet Nagen Angka 1

  • Setiap malam burung dikerodong dan ditempatkan ditempat senyaman mungkin agar burung bisa istirahat dengan tenang, sehingga saat pagi menjelang dan kerodong dibuka burung memiliki stamina yang cukup untuk berkicau. Saat istirahat itulah burung juga perlu dimaster dengan Masteran Pilihan.
  • Pagi hari burung dikeluarkan dari rumah dan dibuka kerodongnya, kemudian gantangkan ditempat terbuka, biarkan burung berkicau terlebih dahulu, setelah mau berkicau barulah diberi jangkrik 5 ekor sebagai hadiah atau makanan staminanya.
  • Setelah jangkrik dihabiskan barulah burung dimandikan dengan cara disemprot sampai basah.
  • Setelah dimandikan dan sangkar dibersihkan burung dijemur sekitar 2 jam. 
  • Kemudian burung diangkat dan diangin-anginkan sebentar ditempat yang teduh, 15 menit kemudian barulah burung dikerodong dan ditempatkan ditempat yang nyaman sambil dimasteri dengan Masteran Pilihan.
  • Sore hari burung dikeluarkan lagi dari rumah, dibuka kerodongnya dan digantang lagi, biarkan burung sampai berkicau, baru kemudian diberi jangkrik 5 ekor lagi. Bila cuaca memungkinkan, dalam artian tidak turun hujan, burung sebaiknya dimandikan, kemudian diangin-anginkan sekitar 30 menit, kemudian dikerodong lagi dan dimasukkan dalam rumah lagi.
  • Kecuali hari minggu, karena burung akan dilombakan, maka burung dapat diberi tambahan EF yaitu UH 5 ekor sebelum berangkat lomba, namun sebelum naik gantangan sebaiknya burung disemprot sampai basah agar burung tidak banyak tingkah saat bertemu lawan.

Keberhasilan dalam merawat burung cendet sangat ditentukan oleh kedisiplinan, kesabaran dan keberuntungan. Karena burung ini adalah burung yang unik dengan berbagai sifat bawaanya, maka hanya yang suka tantangan saja yang akan berhasil merawatnya.

No comments:

Post a Comment