Monday, March 6, 2023

Cendet Trotolan Yang Punya Prospek Bagus

 Sobat Cendet Jatim Mania, kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri atau tanda burung cendet trotolan yang punya prospek bagus. Menurut pecinta burung cendet senior, sebut saja Somad, memilih bahan yang bagus sangat menentukan prestasi burung cendet dikemudian hari. 

"Terkadang, dirawat seperti apa pun kalau bahannya sudah tidak bagus maka hasilnya pun tidak akan bisa maksimal," ujarnya.

Menurutnya, presentasi trah atau bahan trotolan yang bagus akan menentukan keberhasilan atau prestasi mencapai 50%, sisanya adalah ketekunan dalam perawatan. 

"sering juga saya jumpai burung cendet yang dirawat asal-asalan, mandi seingatnya, EF seadanya, tapi burung rajin berkicau setiap hari," 

Kalau berbicara bisa juara atau tidak, tentu burung harus melalui berbagai tahapan, bisa saja gacor dirumah setiap hari, itu sudah suatu nikmat atau anugerah. Pemelihara atau pecinta burung cendet sudah cukup puas dengan mendengar kicauannya. Untuk menjadi juara di gantangan, banyak hal yang harus dilakukan, yaitu latihan-latihan dan latihan. 

Potret Cendet Trotol FB CMI


Berikut ciri umum Cendet Trotolan yang punya prospek bagus:

1. Burung sehat, dapat dilihat dari matanya yang jernih dan feses yang tidak encer putih (berak kapur).

2. Sayap diapit kuat dan rapat

3. Kaki tegap dan kuat mencengkram

4. Sigap dan cepat bila diberi pakan EF

5. Bulu yang tertata rapi hingga ke ekor

6. Alis tebal hitam

7. Paruh rapat, bagian paruh atas lebih panjang dan simetris.

8. Suara keras dari toetnya

9. Bila dipegang akan mematuk tangan

Cendet trotolan yang punya prospek bagus, bukan dari daerah mana berasal, namun dari indukan yang seperti apa dan dirawat seperti apa, sehingga akan menghasilkan burung yang bagus pula.

No comments:

Post a Comment