Sunday, April 20, 2014

Solusi Cara Mengatasi Cendet Galak atau Nyucukan

Galak atau Nyucukan adalah kosa kata bahasa jawa yang mana artinya adalah burung cendet yang suka mematuk tangan pemilik atau siapa pun yang mendekati dan saat mau mengambil dan menaruh wadah pakan. Cendet Mania banyak yang mengeluhkan sifat cendet yang gahar dan suka mematuk tangan pemiliknya bila burung ini dalam keadaan lapar atau OB. lalu bagaimana upaya kita atau solusi agar cendet tidak lagi galak dan nyucukan? berikut ini Cendet Jatim ingin berbagi tulisan berdasarkan pengalaman selama ini memelihara cendet/pentet.

Burung Predator - Cendet/Pentet


Gahar atau Galak adalah salah satu Karakter Cendet, sifat itu bisa diredam atau dikendalikan dengan berbagai cara atau terapi tertentu, beberapa diantaranya akan saya sampaikan dibawah ini.

Menggunakan Serutan Rafia
Burung yang mematuk atau nyucukan dapat dikendalikan dengan memberikan mainan berupa tali rafia yang diserut dan digantung di sangkar, ikatlah serutan rafia pada salah satu bagian sangkar agar burung yang suka nyucuk bermain dengan rafia tadi, biarkan sampai ludes, maka lama kelamaan burung tidak akan galak lagi.

Pemandian
Lakukan pemandian burung cendet dengan tepat, saat ingin mengambil wadah pakannya berikan dulu 1 ekor jangkrik biar burung makan jangkrik dan tidak mematuk tangan anda, setelah wadah diambil kemudian burung dimandikan sampai basah kuyub, saat basah sudah pasti burung tidak akan mematuk tangan lagi, sehingga dengan leluasa dan mudah anda bisa mengambalikan wadah pakan dan minum.

Jauhkan dari burung kecil
Sifat predator muncul bila di dekatnya ada burung kecil, bila setiap hari terbiasa dekat dengan burung kecil maka burung cendet juga bisa menjadi galak, untuk itu gantunglah burung cendet anda sendirian atau diasingkan, pemasteran tetap dapat dilakukan dengan cara dikerodong atau dipisahkan dengan sekat.

Itulah beberapa hal yang bisa anda coba untuk mengatasi cendet yang galak dan suka nyucuk/ matuk tangan sang juragan, semoga artikel singkat ini bermanfaat, original dari Cendet Jatim

2 comments:

  1. Kalau cendet memakan burung seperti di gambar apakah burung ini termasuk jenis elang

    ReplyDelete
  2. Cendet bukan keluarga burung elang, tapi dia termasuk predator... salam cendet mania... makanya makannya serangga dan hewan kecil

    ReplyDelete