Sunday, August 10, 2014

Cara Lain Mengatasi Cendet Miyik dan Galak

Dalam merawat burung Cendet, kerap kali saya melihat teman-teman yang mengeluhkat cendet kesayangannya udah nggak mau ngoceh, galak bahkan ada yang manja. Sifat manja, mbedesi, mbagong burung pentet ditandai pula dengan aksi miyik seperti  burung anakan yang seakan-akan minta makan, meskipun sudah diberi jangkrik sekalipun burung masih juga miyik. 

Sifat miyik burung cendet dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya adalah faktor Perawatan. Dimana dalam merawat burung cendet kita harus memperhatikan pola makan yang tepat, waktu yang tepat dan porsi yang tepat. Konsistensi dalam memberikan jumlah EF menjadi kunci dalam keberhasilan mengatasi cendet miyik. Bila burung terbiasa diberi jangkrik 3 pagi dan sore, maka lebih baik tetap konsisten dengan setelan itu agar sistem metabolisme tubuh burung tidak gampang naik turun. Sifat miyik itu disebabkan juga karena burung kekurangan asupan makanan (nutrisi) sehingga solusinya adalah dengan memberi EF yang cukup, untuk sementara waktu EF dapat ditingkatkan sampai burung benar-benar fit.

Memandikan Burung, hal ini juga sangat perlu diperhatikan bahwa pemandian yang normal itu dilakukan di pagi hari, kemudian burung dijemur sekitar 1-3 jam. Namun jadwal mandi bisa saja berubah sesuai dengan kondisi burung, bila burung terlalu giras, terlalu banyak tingkah, salto suka nabrak-nabrak mungkin saja burung terlalu OB, sehingga jadwal pemandian bisa ditambah yaitu disore hari atau malam hari. Namun perlu di ingat memandikan burung dimalam hari juga harus melihat kondisi, karena mandi malam juga punya resiko bila tidak memperhatikan kondisi burung, baca Resiko Memandikan Cendet di Malam hari.

Cara Mengatasi Cendet Miyik :
  • Burung dikeluarkan dari rumah sekitar jam 5 pagi, biar burung mendapat embun dipagi hari dan menyambut terbitnya matahari, karena matahari pagi sangatlah bagus untuk kesehatan burung juga manusia.
  • Setelah matahari terbit, sekitar pukul 6.30 burung dimandikan sampai puas, sangkar dibersihkan dan air minum diganti. 
  • Di angin-anginkan sejenak kemudian diberi jangkrik 5 ekor, UH 2 ekor saja atau kroto 1 sendok teh.
  • Kemudian burung di jemur sekitar 2 - 3 jam.
  • Sekitar pukul 10 burung diambil, kemudian diteduhkan diteras rumah atau dibawah pohon, beri UK 1 sendok, biarkan UK di makan sekitar 15 menit.
  • Kemudian burung dikerodong sampai sore.
  • Sore hari sekitar jam 4.30 burung dibuka kerodongnya dan diangin-anginkan sambil dilihat reaksi dari pemberian kroto, uh dan Uk tadi pagi. 
  • Bila burung tidak miyik dan mau berkicau walaupun sebentar, cukup diberi jangkrik 3 ekor. tapi bila burung tetap membisu dan atau miyik berikan jangkrik 5 ekor kemudian langsung dikerodong.
  • Pemberian jangkrik sebaiknya kaki-kaki besarnya di lepas biar burung lebih mudah memakannya, selain itu untuk mencegah jangkrik agar tidak lepas dari cepuk.
  • Malam hari burung dimasteri dengan 1 jenis lagu saja sampai jam 9 atau 10 malam dengan mp3 Master Cendet.
  • Kemudian esok hari lakukan hal yang sama dengan cara diatas, sampai burung benar-benar hilang miyiknya dan burung mau rajin berkicau.

UH - ulat hongkong (ulat kaku yang besar-besar)
UK - ulat kandang (bentuknya kecil-kecil dan larinya cepat).

Cara Mengatasi Cendet Galak

Galak, Giras atau Ganasnya burung cendet dipengaruhi oleh b'rahi burung sedang naik tinggi, sehingga apa pun yang mendekat akan dipatuknya sampai terluka atau rusak. Selain itu sifat galak itu juga bisa keluar karena burung jarang dimandikan, sehingga solusi cara mengatasi cendet galak adalah dengan memandikan burung tepat waktu, dengan waktu yang terjadwal. Bila ada bisanya memandikan burung dipagi hari maka mandikanlah setiap pagi, tapi bila dipagi hari anda harus buru-buru pergi kerja maka mandikanlah sepulang kerja, meskipun dimalam hari. 

Bila dengan pemandian, sifat galaknya tidak juga hilang, maka cara selanjutnya adalah dengan memberi mainan di dalam sangkar. Siapkan tali rafia yang di potong sekitar 25cm, sebanyak 20 potong, kemudian di ikat pada salah satu ujungnya, sementara ujung yang lainnya di suir-suir sehingga akan terbentuk seperti untaian rambut plastik. Setelah itu gantung rafia tadi di dalam sangkar burung, biarkan burung cendet  yang OB merobek dan memutuskan rafia tersebut sampai habis.

Kombinasikan antara mandi yang tepat, pemberian EF yang tepat, penjemuran yang cukup (jangan berlebihan) dan kerodong burung dengan kerodong yang tebal. 

Dengan memahami karakter burung cendet dan kita mengetahui kemauannya, maka menjadikan burung cendet yang gacor adalah hal yang mudah...

Selamat mencoba... salam cendet mania....

No comments:

Post a Comment