Monday, November 3, 2014

Pilih Bakalan Cendet Yang Sempurna Untuk Hasil Yang Maksimal

Cendet Mania tentu saja ingin memiliki gacoan  yang handal bukan? yaitu burung yang bisa dijadikan andalan saat dilombakan, berkicau dengan irama yang enak untuk di dengar dan memiliki intonasi lagu yang merdu. Semua itu tidak mudah begitu saja terjadi, karena burung ini adalah burung peniru yang cerdas maka hal yang perlu dilakukan adalah mengajari burung ini dengan kicauan yang bagus dan baik. Untuk itulah saat memilih bakalan cendet, pilihlah yang memiliki penampilan yang bagus dan nyaris sempurna.

ilustrasi cendet yg bagus
Kesempurnaan seekor burung yang baik bisa dilihat dari penampilan fisiknya, seperti :
  1. Memiliki paruh yang presisi antara atas dan bawah, paruhnya hitam legam tebal dan panjangan.
  2. Mata yang sehat bulat dan bersinar terang yang menandakan memiliki pandangan yang tajam dan jelas.
  3. Burung yang sehat akan memiliki bulu-bulu yang bersih, tertata rapi dan lengkap dari ujung paruh sampai ujung ekor. adapun warna yang bagus adalah dominan berwarna hitam dikepala dan sebagian lain berwarna abu - abu dan putih.
  4. Kepala burung cendet yang bagus berbentuk ceper dan besar.
  5. Leher jenjang dan besar yang menandakan memiliki kerongkongan yang besar untuk bisa bernafas dengan lancar dan memiliki suara yang keras.
  6. Sayap yang baik adalah saling mengapit diatas punggung.
  7. Kaki yang sehat, besar dan kuat disertai dengan lengkapnya jemari untuk mencengkeram mangsa dan bertengger kokoh saat berkicau.
  8. Sebaiknya pilih Cendet yang memiliki ekor panjang dengan jumlah sekitar 10 helai.

Bila burung bakalan cendet memiliki kriteria seperti diatas maka dapat kami simpulkan bila burung ini adalah burung yang sempurna, untuk menghasilkan performa yang maksimal maka faktor latihan dan perawatan adalah hal yang sangat penting.

Perawatan Harian Burung Cendet

Itulah yang dapat saya bagikan kali ini untuk teman teman Cendet Jatim, mengapa hal ini penting untuk saya tuliskan disini, karena banyak juga teman teman junior yang masih bingung cara memilih bakalan burung cendet saat mereka ditemukan dengan ombyokan burung cendet dipasar.

Biasakan Setelan Sederhana pada burung cendet, agar kelak burung ini tidak manja dan lebih memudahkan anda dalam merawat dikemudian hari karena tidak terlalu mahal, asalkan burung dirawat dengan disiplin pastilah burung akan berkicau dengan baik.


No comments:

Post a Comment